Memaknai HUT Ke-76 Kemerdekaan RI dengan Bersatu Lawan Pandemi

Oleh Ni Nengah Karuniati

Masyarakat Indonesia, Selasa (17/8/2021) ini memperingati HUT ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI). Hal ini dilakukan untuk menghormati, menghargai, dan mengenang jasa para pahlawan yang telah berhasil merebut kemerdekaan. Tanpa jasa para pahlawan, tentu Indonesia tak akan bisa mencapai kemerdekaan. Oleh karena itu, sebagai generasi penerus bangsa, merupakan kewajiban bagi kita untuk menghormati jasa para pahlawan dan meneruskan perjuangannya demi mewujudkan cita-cita bangsa. Berkat jasa para pahlawan tersebut, negara Indonesia dapat merdeka sampai saat ini. Kemerdekaan yang telah diraih tidak didapat dengan mudah, melainkan harus berperang dan melawan para penjajah untuk mempertahankan Indonesia.
Mengisi kemerdekaan tentu merupakan tugas kita bersama. Di tengah pandemi Covid-19 ini, semangat kita dalam memaknai dan mengisi kemerdekaan harus tetap berkobar. Kita pahami perayaan HUT ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) sangat berbeda, di mana biasanya kita merayakan Hari Kemerdekaan RI dengan mengikuti upacara bendera di lapangan dan berbagai lomba diadakan di berbagai daerah di Indonesia. Namun, karena pandemi Covid-19 masih melanda Indonesia, masyarakat Indonesia tetap bisa ikut merasakan semangat menyambut Hari Kemerdekaan RI secara ‘online’ mulai dari upacara bendera, sampai mengikuti lomba secara ‘online’.
Berbagai upaya telah dilakukan pemerintah untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 ini dan yang terakhir adalah pemerintah mengeluarkan kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Jawa-Bali yang diperpanjang hingga 23 Agustus 2021. Kebijakan pemerintah ini tentu wajib kita ikuti dan selalu waspada dengan tetap mematuhi protokol kesehatan, di mana dan kapanpun kita berada.
Perayaan HUT ke-76 Kemerdekaan Indonesia ini bisa dimaknai sebagai bersatu melawan pandemi Covid-19, sehingga Indonesia dapat segera terbebas dari pandemi ini sehingga harapan bangsa Indonesia untuk menjadi negara maju dapat segera terwujud. Kita tentu merasa prihatin, karena dalam mengisi kemerdekaan ini bangsa Indonesia menghadapi tantangan yang luar biasa. Kita harus selalu ingat para pahlawan dalam merebut kemerdekaan ini rela mengorbankan nyawa dan hartanya, dengan demikian dalam menghadapi pandemi ini kita tidak boleh surut, seperti semboyan nasional yaitu tumbuh dan berkembang. Kita harus tetap eksis dan tangguh melanjutkan perjuangan para pendahulu kita.
Logo dan tema HUT ke-76 RI kali ini memiliki banyak arti bagi masyarakat Indonesia, apalagi untuk merayakan Hari Kemerdekaan Indonesia 17 Agustus 2021 ini. Makna tema “Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh” mendeskripsikan nilai-nilai ketangguhan, semangat pantang menyerah untuk terus maju bersama dalam menempuh jalan penuh tantangan, agar dapat mencapai masa depan yang lebih baik. Dari tema tersebut, mari kita jadikan makna kemerdekaan tahun ini sebagai optimisme untuk bangkit dan berjuang bersama menyelesaikan pandemi Covid-19.
Memperingati HUT Kemerdekaan di tengah pandemi, bisa dilakukan dengan saling mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya, dalam kondisi terpuruknya perekonomian seperti sekarang ini di mana banyak para pekerja yang kena pemutusan hubungan kerja (PHK), tentu merupakan kewajinan bagi kita untuk saling membantu sesama. Ini merupakan salah satu penerapan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan keseharian, karena dengan berbagi kita telah meringankan beban orang lain. Dengan adanya pandemi, kita harus bersatu dalam menghadapinya dan jadikan semangat kemerdekaan ini untuk bersatu melawan Covid-19 dan memperkuat pertumbuhan ekonomi Indonesia ke depan.
Persoalan lain yang dihadapi bangsa Indonesia adalah globalisasi, di mana di era ini persaingan sudah lintas negara. Oleh karena itu, mau tidak mau daya saing kita harus berstandar internasional. Kita harus senantiasa meningkatkan kemampuan, jika tidak tentu kita akan terjajah secara ekonomi oleh negara-negara tetangga. Akibat kalah saing, kita sering dijadikan lahan pasar mereka. Oleh sebab itu, salah satu caranya adalah meningkatkan produk buatan Indonesia untuk dipakai di pasar Indonesia sendiri. Misalnya, vaksin Covid-19 ini, kita terpaksa harus impor karena belum bisa memproduksi sendiri.
Kita berharap, peringatan HUT ke-76 Kemerdekaan RI dijadikan pembelajaran dan semangat kebersamaan, gotong royong, berjuang dan bangkit bersama untuk Indonesia yang lebih baik. Harapan kita tentu saja, semoga pandemi ini segera berlalu dan Indonesia kembali bangkit dan maju. *

banner 728x250

*) Penulis adalah dosen Stispol Wira Bhakti Denpasar.