Tumbuhkan Semangat Wirausaha, Stispol Wira Bhakti Hadirkan Sumarjaya Linggih dan Winnie Kaori

Denpasar – Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Stispol) Wira Bhakti Denpasar kembali menghadirkan pengusaha sukses yang juga Anggota DPR-RI dari Partai Golkar, Gde Sumarjaya Linggih, S.E., M.AP., dan Direktur Utama Kaori Grup Ni Kadek Winnie Kaori dalam kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Stispol Wira Bhakti, Sabtu (3/9).

Kehadiran dua pengusaha sukses dari Bali itu, untuk berbagi ilmu dan pengalaman di bidang kewirausahaan, sehingga diharapkan dapat menumbuhkan semangat kewirausahan di kalangan generasi muda.

banner 728x250

Dalam sharing-nya, mantan Ketua Kadin Bali yang akrab disapa Demer itu mengatakan, untuk bisa sukses di bidang wirausaha ada empat metode yang diperlukan yaitu: learning, observing, experiencing, dan mentoring. Selain itu, untuk menjadi sukses mahasiswa perlu mengembangkan empat aspek yaitu: finansial, intelektual, sosial, spiritual. “Jadi tidak perlu bermodal finansial yang besar, asalkan ada keinginan dan kreativitas untuk melihat peluang dan maju,” katanya.

Ia menegaskan, mahasiswa juga perlu meningkatkan intelektualitas supaya bisa bersaing di pasar bebas dengan cara berpikir global, namun menciptakan sesuatu yang tentunya bernilai bagi pangsa pasar yang ditargetkan. Di samping itu, kejujuran juga menjadi salah satu poin paling penting dalam berwirausaha, selain disiplin dan interpersonal skills. “Menjadi pengusaha tidak hanya memerlukan modal finansial saja, bahkan modal finansial itu bisa dirintis dari bawah. Modal sosial juga diperlukan, melalui membangun jejaring pertemanan (networking) yang bisa didapatkan dengan cara aktif mengikuti organisasi-organisasi yang membangun,” katanya.

Aspek spiritual, kata Demer juga tak bisa dikesampingkan, karena apabila modal finansial sudah kuat, relasi banyak, intelektual bagus, tetapi spiritualitas atau karakternya tidak bagus maka usaha itu akan menjadi sia-sia. Demer juga menegaskan, manusia yang dapat segera beradaptasi dengan perubahan keadaan lingkungannya, maka dia akan survive. Jika tidak dapat beradaptasi dengan perubahan dipastikan akan tersingkir.

Demer juga mengutip pernyataan Robyn Allan yang menyebutkan kegagalan terbesar adalah apabila kita tidak pernah mencoba dan pernyataan Henry Ford yang menyebutkan apabila kita takut gagal, itu berarti kita telah membatasi kemampuan kita.

Sebelumnya, Direktur Utama Kaori Grup Ni Kadek Winnie Kaori mengungkapkan bahwa setiap orang bisa menjadi pengusaha asalkan bisa fokus, dalam serta dapat melihat peluang. Di samping itu, konsisten merupakan modal yang penting dalam menekuni wirausaha. “Kita doakan semoga mahasiswa Stispol Wira Bhakti ini banyak yang menjadi wirausaha sukses,” katanya.

Ketua Stispol Wira Bhakti, Prof. Dr. Wayan Windia menyampaikan terimakasih dan menyambut positif atas dorongan dan motivasi yang diberikan Gde Sumarjaya Linggih dan Ni Kadek Winnie Kaori kepada mahasiswa Stispol Wira Bhakti Denpasar. Diharapkan melalui kegiatan tersebut dapat membangkitkan semangat mahasiswa Stispol Wira Bhakti untuk belajar berwirausaha. *