Pelantikan Wakil Ketua Stispol Wira Bhakti Denpasar

Ketua Yayasan Kebaktian Proklamasi (YKP) Provinsi Bali, I Gusti Ngurah Gede Yudana, Sabtu (10/10), melantik para Wakil Ketua (Waket) Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Politik (Stispol) Wira Bhakti Denpasar di Gedung YKP (Denpasar). Mereka terdiri dari Dr. I Gde Putu Yasa (Waket I), Drs I Made Yunita, MAP (Waket II), dan Dr. Anak Agung Putu Sugiantiningsih, SIP, MAP (Waket III). Pelantikan ini melengkapi struktur pimpinan di Stispol Wira Bhakti, setelah dilantiknya Prof. Dr. Wayan Windia sebagai Ketua Stispol Wira Bhakti, Sabtu (3/10).
Ngurah Yudana mengatakan, Stispol Wira Bhakti didirikan oleh YKP untuk bisa menampung masyarakat kurang mampu, agar bisa mengenyam pendidikan tinggi. Ini adalah bagian dari tugas keluarga besar pejuang di Bali, untuk membayar janji-janji para pejuang, ketika mereka bergerilya di pedesaan di Bali. Pada saat itu para pejuang sangat dibantu oleh penduduk pedesaan. Sehingga para pejuang dapat bertahan di pedesaan, dan bahkan di kawasan yang terpencil. Banyak juga yang berjanji bahwa nanti setelah merdeka, rakyat akan bebas mengenyam pendidikan. “Sebetulnya tanggung jawab anak-anak pejuang saat ini, antara lain adalah, untuk membayar berbagai janji para pejuang di masa perang kemerdekaan” katanya.
Kepada para waket, Yudana meminta agar membantu dengan sepenuh hati Prof. Windia sebagai Ketua Stispol, agar visi YKP dapat terealisasikan. Adapun visi YKP adalah menjadi ikon Pahlawan Nasional I Gusti Ngurah Rai, bisa mengembangkan wawasan kebangsaan, dan bisa membantu rakyat kecil. Meski Stispol tidak memiliki kawasan gedung yang megah, tetapi diharapkan agar alumni Stispol bisa memiliki wawasan kebangsaan. Wawasan kebangsaan adalah sikap hidup di mana mereka mementingkan bangsa di atas kepentingan pribadi dan kelompok, serta berani berkorban untuk bangsanya.
“Nilai-nilai kebangsaan itulah dahulu dipertaruhkan oleh para pejuang kemerdekaan Indonesia” jelas Yudana. Ia berharap Stispol mampu melaksanakan visi YKP tersebut. (sumber: https://balitribune.co.id)