Sumarjaya Linggih Kunjungi Kelompok Air Bersih “Tirta Ning Bhakti” di Banjar Bonagung, Pelapuan, Buleleng

Singaraja – Wakil Ketua Komisi VI Gde Sumarjaya Linggih dan rombongan mengunjungi Kelompok Air Bersih “Tirta Ning Bhakti” di Banjar Bonagung, Pelapuan, Busungbiu, Buleleng. Kunjungan tersebut dalam rangka meninjau bantuan corporate social responsibility (CSR) yang dikucurkan untuk kelompok masyarakat yang merupakan binaan dari Stispol Wira Bhakti Denpasar yang dikoordinir oleh dosen I Dewa Nyoman Juniasa, S.Sos,. M.AP., Minggu (3/3).
Bantuan CSR yang difasilitasi Sumarjaya Linggih ini kemudian dimanfaatkan untuk menaikkan air bersih dari sumbernya ke pemukiman dengan menggunakan mesin hydropower dengan jarak kurang lebih 800 meter dari sumber mata air. Pada kesempatan tersebut, Demer dan rombongan juga berkesempatan meninjau bak induk penampungan dan kran umum yang terpasang di pinggir jalan lingkungan sekaligus mencoba air tersebut untuk mencuci tangan.
Demer memberikan apresiasi bahwa pemanfaatan bantuan CSR yang diterima kelompok ini telah direalisasikan dengan baik sesuai dengan yang telah direncanakan sebelumnya sehingga nantinya dapat bermanfaat maksimal untuk masyarakat setempat.
Sementara itu, Ketua Kelompok “Tirta Ning Bhakti” I Dewa Nyoman Juniasa mengatakan, ke depannya air yang mengalir ini akan dikembangkan untuk dibuat sebuah unit usaha berupa air isi ulang maupun air kemasan yang akan dikelola oleh kelompok itu sendiri. “Ini nantinya diharapkan akan dapat menambah pendapatan tambahan bagi kelompok sekaligus mengedukasi masyarakat untuk belajar berusaha/berbisnis dengan memanfaatkan potensi yang ada,” katanya.
Pada kesempatan terebut, Sumarjaya Linggih menyarankan kepada Perbekel Desa Pelapuan yang kebetulan ikut hadir dalam kegiatan tersebut didampingi Kadus Banjar Bonagung, agar berkolaborasi dengan kelompok ini dalam pengembangan selanjutnya. *